Senin, April 28, 2008

Ijazah dan TOGA



Semua Pasti Berakhir


Jalan tiada berujung. Setidaknya itulah uangkapan yang sering muncul pada sebagian orang. Apakah selamanya tiada berakhir? Berbeda dengan seorang mahasiswa. Ia ingin segera menyelesaikan masa studinya. Walaupun itu hanya berhenti sementara, sebagai rehat untuk bersiap maju menuntut ilmu di muka Bumi ini. Perjalanan mendebarkan untuk mempertahankan pendapat, opini, bahkan hasil observasai dan eksperimen tentunya akan membuahkan hasil. Skripsi, tesis, ataukah desertasi. apapun nama dari hasil karya mahasiswa itu. Semua itu apakah hanya untuk mendapatkan selembar kertas yang disebut IJAZAH, ataukah perjuangan untuk memperebutkan TOGA? Setidaknya itulah kebanggaan orang tua untuk menjadaikan anaknya sebagai sarjana. Padahal berakhirkah perjuangan anak tatkala ia beradu argumen dengan beberapa profesor dan menyandang gelar?
Semua teka-teki itu mungkin masih banyak lagi yang belum tercover pada coretan dia atas. Sekiranya saya mau minta tolong ke pembaca bagaimana:
Apakah ijazah dan toga merupakan akhir dari perjalanan wisudawan?


17 komentar:

wahyu nurdiyanto mengatakan...

weh, wisuda yo..ayo makan makan

SaifulBashrie mengatakan...

for me.nope. itu bukan berakhirnya perjalanan, itu merupakan suatu title kemegahan atau kebanggaan. dan ilmu tiada penghujung walaupun title sudah dimiliki..iya kan?

pudi-interisti mengatakan...

Toga dan Ijazah adalah simbol sebuah keberhasilan. Sedangkan keberhasilan adalah buah dari kerja keras. Sedangkan ilmu sendiri tak bisa di ukur dari 2 benda itu melainkan dari apa yang telah kita amalkan, karena semua itu akan bernilai ibadah, pahala dan manfaat. Tolong......aku jatuh!!! Ngomongku ketinggian. Gedebruk!!!

Gudang Kambing mengatakan...

nothing: tak tunggu infonya kembali
bash: benar kawan 100
poo: sangat betul = nilai 1000, jatuh..... tak pasangi tali

Anonim mengatakan...

hohoho...
wisuda...

eh maz,shout mixmu ndak bisa nongol.yauda daku comment dsni ajah.
daku barat lereng lawu.karanganyar.deket solo :p

Unknown mengatakan...

kalo aku pikir sih abis wisuda = perjuangan nyari kerja, makanya perjuangan masih panjang lagi tuh ^_^

rizky mengatakan...

Jawabannya setelah pesan2 berikut ini...? Ijazah atau Toga itu sama berartinya bapak bagi Semua mahasiswa/siswi yang sudah lulus...? ya kan!!! kayak udah jadi sarjana aja aQ ini!!!

Anonim mengatakan...

Yang jelas, ijazah dan toga hanyalah merupakan batu loncatan untuk menuju ke fase perjalanan hidup berikutnya. Kalo Ari Lasso bilang, "JALAN MASIH PANJANG.....!!" *ngerpekdotcom

Anonim mengatakan...

beda individu pasti beda pula pendapatnya tentang toga dan ijazah, tapi berbeda pendapat itu indah khan ?

Anonim mengatakan...

justru ijazah dan toga itu jadi saksi kita baru melangkah ke dunia nyata..

Anonim mengatakan...

Wah, saya ini tinggal ngrampungke skripsi wae kok rasanya males bgt. Dibantai terus sama dosen pembimbing.
Ada tips nggak supaya saya bisa menjaga mood dalam mengerjakan skripsi? Thanks!

All About All mengatakan...

kalau bukan karena orang tua mungkin saja tidak akan sebegini menggila mengejar satu gelar yang tertulis di atas ijazah dan kenakan toga dengan hanya sedikit bangga yang penting mereka bisa tersenyum bahagia...

Anonim mengatakan...

ijazah bukan akhir perjalanan! tapi kunci untuk ke level berikutnya. krn jaman sekarang musim ijasah sebagai acuan untuk mendapatkan pekerjaan.

Cak Lim mengatakan...

perjuangan sesungguhnya adalah ketika kita bisa memanfaatkan ilmu? Memperoleh ilmu manfaat itu perjuangan, memanfaatkan ilmu itu juga perjuangan. Ya hidup itu perjuangan yang tiada pernah usai sampai mati!! Dan hidup perjuangan!! Aku bertanya pada seorang guru, tentang hakekat kemenangan? Adalah tersingkap.... hamba. Suwun, met berjuang!!!Salam SIM!

Gudang Kambing mengatakan...

Ones: OK tonggo dewe
Nina: betul sekali
Rizky: saya doakan cepet sarjana
Fiz: jalan masih panjang, perlu proses untuk meraih hasil maksimal
Ely: Ihtilafu umatirrohmah
dony: saya pernah hadapi 5 profesor pada sidang, berkat komat-kamitnya eyang kakung, selamat
all about all: memang ortu senang harapannya
xero: ya inilah budaya kita
cak lim: makasih pak guru

SANTRIWATI mengatakan...

keren ....

Teknik Telekomunikasi mengatakan...

Bagaimana kesan mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir seperti beradu argumen dengan profesor dan memperoleh gelar akademik? Apakah itu dianggap sebagai akhir perjuangan atau awal dari tahapan baru?
Regard Telkom University