Rabu, Maret 19, 2008

Tambahnya IPA dalam UNAS 2008

Ujian Nasional. Apakah benar bahwa hasil akhir dari sebuah proses pembelajaran sekian tahun mampu diukur dengan nilai yang dicapai saat Ujian Nasional (Unas)? Pertanyaan itu kadang muncul, bahkan sering terlontar di benak kita. Apapun kegunaan dan bagaimana tingkat keefektifannya, yang jelas nilai Unas sekarang ini masih digunakan sebagai barometer utama untuk mengukur tingkat prestasi siswa. Bagaimana dengan pencapaian tingkat standar kompetensi lulusan? Menurut Prof. Dr. Djemari Mardapi, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), mengungkapkan bahwa pencapaian standar kompetensi lulusan pada dasarnya tanggung jawab sekolah, karena itu jika siswa belum mencapai standar mencapai kompetensi maka guru harus melaksanakan program pembelajaran perbaikan pada mata pelajaran tertentu yang belum mencapai standar kompetensi seperti yang ditetapkan.
Tantangan ini diharapkan akan membangkitkan motivasi berprestasi guru dan siswa yaitu dengan peningkatan kualitas proses belajar baik yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Mata pelajaran yang diujikan juga tidak menuntut fasilitas labolatorium yang mahal kecuali untuk bahasa Inggris untuk mendengarkan Bahasa Inggris dibutuhkan tape record.
Unas pada dasarnya merupakan tantangan bagi sekolah, guru, siswa dan orang tua. Tantangan ini berupa pencapaian standar kompetensi lulusan yaitu dengan skor minimum 4,25 untuk masing-masing mata pelajaran dan skor minimum 5,25 untuk nilai rata-rata total pelajaran.
"Ujian Nasional untuk SMP ada tambahan mata pelajaran IPA, untuk SMA tambahannya mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi untuk program IPA. Untuk program IPS tambahannya Matematika, Geografi dan Sosiologi serta untuk program bahasa tambahannya Sastra Indonesia, Bahasa Asing dan Matematika," ujarnya pada diskusi Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik).
Dia menjelaskan Khusus untuk siswa tingkat SD sesuai dengan prinsip wajib belajar yang bermutu maka mulai tahun pelajaran 2007/2008 akan melaksanakan ujian nasional dalam bentuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang pelaksanaannya bersama dan terintegrasi dengan ujian sekolah. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang akan berlangsung secara nasional pada 13-15 Mei, kemudian diikuti dengan ujian sekolah. Soal ujian UASBN 75% disusun daerah dan 25% disusun oleh BSNP. Jelasnya lebih lanjut.
Pelaksanaan ujian ini rencananya akan dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Adapun prediksi waktu pelaksanaan Ujian Nasional dan Mata Pelajaran adalah:

No  Jenjang Waktu SusulanMata Pelajaran
1      SD/MI 13-15 Mei 200820-22 Mei 2008Bahasa Indonesia,
Matematika dan IPA
2      SMP/MTs/SMPLB 5-8 Mei 2008 12-15 Mei 2008 Bahasa Indonesia,
Matematika, Bahasa Inggris 
dan IPA
3      SMA/MA22-24 April 200828-30 April 2008Jurusan IPA:
Bahasa Indonesia,
Matematika, Bahasa Inggris Fisika, Kimia dan Biologi
Jurusan IPS:
Bahasa Indonesia, Ekonomi,
Bahasa Inggris, Geografi,
Matematika, Sosiologi
4      SMA/SMALB 22-24 April 2008 28-30 April 2008Bahasa Indonesia,
Matematika, Bahasa Inggris

Tidak ada komentar: